Tips dan Cara Mencuci Mobil Yang Benar

Cara Mencuci Mobil Yang Benar – Kebersihan mobil mencermin kepribadian sang pemiliknya. Sekeren dan semewah apapun mobil yang anda miliki jika nampak kotor dan penuh debu pasti anda sendiri akan malas untuk memakainya. Untuk itu maka anda harus merawat dan mencuci mobil anda agar anda sendiri merasa nyaman saat mengendarainya dan juga bisa menambah rasa percaya diri dengan tampilan mobil yang terlihat bersih.

Banyak orang sering melakukan kesalahan saat mencuci mobilnya karena kurang tahu cara mencuci yang benar.  Misalnya saat mencuci atau membersihkan bagian mesin menggunakan steam atau mengunakan semprotan air bertekanan tinggi. Hal itu dapat membahayakan kondisi mobil anda karena dapat merusak kompnen dalam mobil bahkan muinkin dapat menyebakan terjadinya konslet pada mobil anda. Sangat disayangkan bukan ada harus melakukan perbaikan mengeluarkan biaya hanya karena hal sepele kurang memahami cara nya, bermaksud melakukan perawatan e malah menimbulkan kerusakan.

Cara Mencuci Mobil Yang Benar
cara mencuci mobil yang benar

Sebenarnya mencuci mobil yang benar itu tidaklah susah asalkan anda tahu caranya. Anda hanya membutuhkan sedikit waktu dan ketelitian agar anda tidak melakukan kesalahan. Ada 4 Bagian yang harus anda ketahui dalam mencuci mobil dan perlu anda bersihkan. Bagian luar seperti body dan ban, untuk bagian dalam ada interior dan mesin. Dalam mencuci mobil juga harus memahamami kompone atau material terbuat dari apakah besi/kaleng, plastik, karet ataupun material lain. Mengapa anda harus mengetauhinya  agar anda bisa menggunakan alat dan material yang tepat untuk membersihkannya dan jangan sampai alat yang anda pakai malah akan merusaknya. Contohnya adalah cat mobil salah melakukan perlakuan malah akan merusak material tersebut karena cat memang sangatlah sensitif. Tapi jangan kuawatir mencuci mobil bukan hal yang ribet kok, berikut ini tips mencuci mobil dengan benar silahkan anda simak dan bisa anda coba praktekan.


Cara Mencuci Mobil Dengan Benar


#1. Cara mencuci Body Mobil Yang Benar Agar Cat Tetap Awet


Untuk tip cara mencuci mobil kita mualai dari bagian luar yaitu bagian body mobil.  Usahakan memilih waktu pada pagi hari atau sore hari karana saat itulah kondisi tidak terlalu panas. Mengapa saya sarankan seperti itu karena saat mencuci mobil pada saat matahari terik akan merusak cat mobil anda kerena panas/ cahaya matahari akan lebih terfokus dengan adanya tetesan maupun butiran air yang mengenai body mobil anda.

Sebelum memulai mencuci mobil  pastikan untuk menutup pitu dan jendela mobil anda.  Lalu anda bisa mulai menyemprot seluruh bagian body mobil dengan air untuk menghilankan kotoran maupun debu yang menempel.  Mengggunakan semprotan untuk membersuihkan kotoran ituadalah cara paling aman untuk menghilangklan debu mobil berbeda jika kita mengelap atau menggosok body mobil yang masih berdebu karena akan beresiko malah akan merusak cat mobil anda garena gesekan.

Setelah dirasa kotorannya hilang anda bisa mulai membersihkan mobil anda. Gunakan spon yang bersih dan  halus mulai dari bagian atas mobil dari atap sampai kebawah hingga bersih. Anda bisa menggunakan deterjen atau wax tapi jangan sembarangan pastikan dikhususkan untuk mobil, dengan memakai max bisa membuat mobil anda terlihat mengkilap.

Lalu bilas dengan menyemprotkan air kembali pada bagian body mobil, jangan sambi ada bekas sabun yang tertinggal agar tidak menjadi bercak – bercak pada saat dikeringkan dan bahan kimia yang terkandung dalam  sabun malah akan merusak cat anda jika anda membilasnya dengan bersih. Setelah itu anda bias mengeringkannya dengan lap kering yang  halus dan bersih agar tidak menggores / merusak cat mobil anda.

#2. Cara Mencuci  Bagian Dalam Mobil


Untuk tips kedua mengenai carta mencuci mobil adalah bagian dalam mobil atau interior mobil. Anda tidak pelu menggukan air telalu banyak. Sekarang buka jendela  dan pintu mobil anda gar nanti anda lebih mudah membersihkan dan lebih mudah saat mengeringkan. Pertama keluarkan sampah – sampah yang tertinggal dalam mobil. Gunakan air sabun untuk membersihkan atau air saja juga cukup gunakan lap basah yang besih atau sepon untuk menghilangkan bercak atau noda yang menempel pada interior mobil anda cukup digosokan saja jangan disiram. Jika sudah tinggal anda keringkan pintu  jang ditutup terlbih dahulu agrar proses pengeringannya lebih cepat.

#3. Cara Mencuci bagian mesin mobil


Mencuci bagian mesin mobil dalah bagian paling sensitif. Anda harus berhati – hati karena didalamnya  terdapat komponen yang bisa rusak. Jangan gunakan air bertekanan tinggi, Gunakan air secukupnya saja.Hidari bagian yang berhubungan dengan kelistrikan seperti accu ataupun sensor-sensor yang agar tidak terjadi korsleting. Untuk membersihkan kotoran yang agak susah dan berminyak anda bisa menggunakan sabun cuci. Setelah selesai jangan lupa untuk dikeringkan.

#4. Cara Mencuci Ban Mobil yang Benar


Tips terakhir adalah cara mencuci ban mobil. Ban adalah bagian mobil paling sering dan pasti  mudah kotor karna berhubungan langsung dengan pemukan tanah atau jalan. Dengan seperti pasti kotoran akan sangat mudak menempel. Untuk mencuci da membersihkannya yang anda perlukan adalah air , sabun cuci, jika kotorannya agak susah dihilangkan anda bisa menghilangkan sikat berserabut. Sedikit catatan pasti saat anda mencuci ban anda juga akan membersihkan bagian rem untuk membersihkan rem gunakan material yang sesuai seperti sabun yang dipakai karena ada bagian dari rem yang di cat seperti kaliper contohnya agar catnya tidak rusak dan tetap awet .

Semoga tips singkat ini mengenai cara mencuci mobil yang benar ini dapat meberikan manfaat dan informasi tambahan buat anda. Dengan mobil yang bersih pasti akan menambah rasa percaya diri anda saat berkendara. Terima kasih atas kunjungannya.

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Lengkap Harga Mobil Tata Terbaru Beserta alamat Dealernya

MOBIL TRUK : Spesifikasi Maupun Harga Bus dan Truk Hino Dutro Terbaru

Mengetahui Dan Mengenal Jenis-Jenis Truk Di Indonesia Beserta Ukurannya