Contoh dan Cara Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Yang Digunakan Leasing dan Bank

Cara Perhitungan Simulasi Kredit Mobil - Di zaman modern ini dengan sistem ekonomi yang sudah semakin berkembang, keinginan untuk memiliki sebuah kendaraan roda empat baik itu mobil baru maupun bekas menjadi sangat mudah dengan hadirnya berbagai perusahaan pembiayaan yang berbentuk leasing ataupun bank umum yang menawarkan simulasi kredit mobil untuk pembelian mobil baru dan bekas. Namun saat ini sepertinya masih banyak masyarakat yang bingung dan belum memahami secara pasti mengenai bagaimana cara menghitung simulasi kredit untuk pembelian mobil tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini kami akan berbagi informasi mengenai hal tersebut.

Sebenarnya masyarakat saat ini semakin diberikan kemudahan dan pilihan yang beragam untuk memilih jenis layanan kredit yang ditawarkan oleh pihak bank maupun lembaga pembiayaan dalam melakukan transaksi pembelian mobil tersebut. Baik itu untuk kepentingan mobil pribadi, mobil niaga, hingga mobil operasional perusahaan. Pihak bank atau leasing biasanya akan menjelaskan secara gamblang dari mulai persyaratan, perjanjian hingga perhitungan simulasi kredit kepada calon konsumennya.


Contoh Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Bekas

Setelah menentukan mobil apa yang akan dibeli baik dalam kondisi baru maupun bekas para calon pembeli yang ingin transaksinya dilakukan secara kredit kemudian bisa memilih lembaga pembiayaan atau bank apa yang akan digunakan sebagai pemberi fasilitas kredit untuk pembelian mobil Anda. Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan kredit mobil ini melalui internet atau bertanya secara langsung ke kantor-kantor perusahaan atau bank tersebut melalui Customer Service-nya.

Jika semua informasi telah Anda dapatkan, sekarang waktunya untuk menyesuaikan kebutuhan dana untuk kredit mobil tersebut sesuai dengan kondisi keuangan yang anda miliki saat ini. Hal ini akan sangat berguna untuk menentukan Down Payment (DP) atau uang muka yang akan dibayar pertama kali serta jumlah angsuran tiap bulannya agar sesuai dengan kemampuan Anda.

Baca juga artikel :  

Baiklah untuk memberikan gambaran kepada Anda mengenai cara perhitungan simulasi kredit mobil akan kami sajikan dalam contoh kasus di bawah ini, namun sebelumnya perisapkan terlebih dahulu data-data penting berikut ini :
  1. Harga mobil yang akan dibeli baik dalam kondisi baru maupun bekas.
  2. Tarif bunga leasing atau bank yang anda pilih untuk kepentingan kredit ini, biasanya lembaga pembiayaan ini menetapkan rate bunga kredit mobil berkisar antara 6%, 7%, 8% untuk kredit selama 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun. Biasanya jangka waktu yang bisa dipilih yaitu antara 1-5 tahun, semakin lama jangka waktunya maka tarif bunga-nya pun akan semakin tinggi.
  3. Tarif Asuransi yang dipilih, untuk jangka waktu kredit 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun umumnya sebesar 7,5% - 8,5% - 9,5% dikalikan dengan harga kendaraan.
  4. Biaya Administrasi leasing/bank misalnya untuk kredit selama 1 tahun Rp 350.000, 2 tahun Rp 450.000 dan 3 tahun sebesar Rp 550.000,-
  5. Jangka waktu kredit/Tenor yang dipilih.
  6. Jumlah Uang Muka (DP).
Sekarang mari kita lihat contoh soalnya :

Misalkan Anda akan membeli sebuah mobil baru dengan harga Rp 200.000.000,- secara kredit selama 3 tahun melaui salah satu leasing di kota Anda, lalu berapakah DP/Uang Muka minimal yang harus disiapkan dan berapa jumlah angsuran setiap bulan yang harus anda bayar?

Beginilah cara perhitungan untuk menentukan besarnya DP, angsuran per bulan dan jumlah total yang harus dibayar pertama kali termasuk asuransinya:
  • Tarif DP/Uang Muka biasanya jumlah minimalnya ditentukan oleh pihak leasing, saat ini misalkan 20% dari harga mobil. (DP/UM = 20% x Harga Mobil Baru)
  • Kemudian untuk menghitung Pokok Kredit (PK)-nya yaitu dengan cara mengurangi harga mobil dengan jumlah uang muka yang akan dibayar. (PK = Harga Mobil Baru - DP/UM)
  • Lalu untuk menentukan jumlah bunga yang harus dibayar (JB) adalah dengan mengalikan Pokok Kredit terhadap tarif bunga (tb)-nya  dimana tarif bunga tersebut terlebih dahulu dikalikan dengan jangka waktu (jw) kredit dalam tahun dibagi 100. (JB =  PK x (tb x jw/100))
  • Setelah mendapatkan jumlah bunga yang harus dibayar secara keseluruhan kemudian untuk mendapatkan jumlah Angsuran Per Bulan (APB)-nya yaitu dengan menambahkan Pokok Kredit (PK) dan Jumlah Bunga (JB) yang harus dibayar lalu dibagi dengan jangka waktu kredit (jw) yang dihitung dalam bulan. (APB = (PK + JB) / jw (bulan) 
Jawaban contoh soal diatas berarti seperti ini :
  1. DP/UM = 20% x Rp 200.000.000,- = Rp 40.000.000,-
  2. Pokok Kredit (PK) = Rp 200.000.000 - Rp 40.000.000 = Rp 160.000.000,-
  3. Jumlah Bunga yang harus dibayar = Rp 160.000.000 x (8x3)/100 = Rp 38.400.000,-
  4. Angsuran Per Bulan = (Rp 160.000.000 + Rp 38.400.000) / 36 bulan = Rp 5.511.200,-
  5. Biaya Asuransi = 9,5% x Rp 200.000.000 =  Rp 19.000.000,- 
  6. Biaya Administrasi = Rp 550.000,- 
Jadi total dana yang harus Anda siapkan untuk pembayaran pertama adalah meliputi DP/UM + Angsuran Bulan Pertama + Biaya Asuransi + Biaya Administrasi Leasing, yaitu sebesar Rp 40.000.000 + 5.511.200 + 19.000.000 + 550.000 = Rp 65.061.200,- Jika kredit dilakukan melalui bank selain biaya administrasi mungkin akan ada tambahan biaya provisi yang tarifnya ditentukan oleh pihak bank.

Itulah contoh dan cara perhitungan simulasi kredit mobil yang bisa anda jadikan gambaran untuk melakukan pembelian kendaraan roda empat secara kredit. Jika Angsuran perbulannya dirasa masih cukup besar, maka Anda bisa mengatur dengan menambah jumlah uang mukanya. Selain itu Anda juga bisa memilih leasing/bank dan perusahaan asuransi yang menawarkan rate/bunga yang paling rendah, sehingga dana yang harus disediakan menjadi lebih kecil. Sebagai informasi juga, bagi anda yang saat ini sedang mencari mobil baru yang cocok dengan kondisi keuangannya mungkin artikel berjudul Harga All New KIA Rio Terbaru 2016 ini  bisa menjadi pilihan.  Terima kasih, semoga bermanfaat :)

Popular posts from this blog

Daftar Lengkap Harga Mobil Tata Terbaru Beserta alamat Dealernya

MOBIL TRUK : Spesifikasi Maupun Harga Bus dan Truk Hino Dutro Terbaru

Mengetahui Dan Mengenal Jenis-Jenis Truk Di Indonesia Beserta Ukurannya