Mengetahui Dan Mengenal Jenis-Jenis Truk Di Indonesia Beserta Ukurannya

Jenis-Jenis Truk – Truk merupakan sebuah kendaraan yang sering kali kita lihat. Truk merupakan sebuah kendaraan sebagai alat angkut muatan barang. Truk juga  bisa dikatakan sebagai salah satu alat transportasi sebagai penunjang perekonomian.

Mengenal jenis dan ukuran bak truk


Berikut ini saya akan paparkan beberapa jenis truk dan ukuran bak truk. Setiap jenis truk mempunyai ukuran dan fungsional yang berbeda, hal itu juga mempengaruhi jenis dan kapasitas muatan yang dimiliki. Mari Kita simak setiap tipe truk berikut ini :

Truk Pick Up 

Truk pick up merupakan jenis truk ukuran kecil untuk angkutan barang dengan volume kurang lebih 7kubik dengan detail ukuran bak : panjang berkisar 2 sampai 3 meter untuk lebar  antara 1 sampai 1,8 meter untuk tingginya 1 sampai 1,8 meter.


Truk Colt Diesel 

Truk colt diesel merupakan mobil truk ukuran sedang dengan berat muatan maksimal 2 sampai 3 ton. truk ini biasa ditambahkan roda menjadi enam roda agar berat muatan maksimal nya bertambah. untuk ukuran bak: panjang berkisar 4 meter dengan lebar sekitar 2 meter dengan tinggi sekitar 1,9 meter denan volume sekitar 14 sampai 15 kubik tergantung jenis truk box atau truk bak terbuka.

Truk Fuso Engkel 

Truk fuso adalah salah satu jenis truk dengan ukuran sedang. Untuk ukuran ba nya memiliki panjang 6 sampai 7 meter dengan lebar 2,3 sampai 2,5 meter dan utuk tingginya 2 sampai 2,5 meter dengan volume 29kubik.


Truk Tronton 

Jenis truk tronton ini memiliki ukuran yang lebih besar karna memakai 3 sumbu, tentunya jenis truk ini memiliki daya angkut yang lebih besar pula dengan. Truk ini biasa dipakai dalam berbagai fungi seperti truk dump, truk, sampah dll. untuk detai ukuran bak truk tronton panjang 7 sampai 9 meter denagn lebar 2,2 sampai 2,5 meter serta untuk tingginya bekisar 2,3 sampai 2,5 meter.


Truk Trailer / Container

Merupakan jenis truk yang biasa dipakai untuk peti kemas atau kontainer. ada truk kontainer 20 feet dan 40 feet. Ukuran dalam truk container 20 feet panjang 5,9 sampai 6 meter, lebar 2,3 sampai 2,6 meter untuk tingginya 2,5 sampai 2,7 meter dngan volume 33 kubik
Sedangkan untuk truk container 40 feet llebar dan tingginya sama pebedaan terletak pada panjang dan volumenya saja. Untuk panjangnya sekitar 12 meter dengan volume 66 kubik.

Truk Molen 

Truk molen atau bisa disebut juga truk mixer truk ini dikhususkan untuk muatan cor beton beton. Biasanya truk molen ini hanya digunakan untuk perjalanan sarak dekat saja karena muatan cor yang dibawanya akan mengeras setelah 2 jam. untuk volume truk molen ada dua varian yaitu untuk ukuran standar 7 m3 dan untuk ukuran mini maksimal 4 m3.

Truk Wing Box

merupakan truk dengan size yang besar dengan ukuran box dalam : panjang 8,85 meter dengan lebar 2,4 meter serta tinggi 2,1 meter untuk volumenya kurangh lebih 34 kubik

Baca juga : Tips Memilih Jasa Penyewaan Truk Terpercaya Di Indonesia

Mengetahui Jenis Jenis Truk, Mangetahui kapasitas muatan tiap jenis truk yang diijinkan
Gambar Truk

Mangetahui kapasitas muatan tiap jenis truk yang diijinkan


Setiap jenis truk memiliki daya angkut atau kapasitas muatan maksimum yang berbeda-beda. Atau sering kali yang biasa kita kenal dengan JBI ( Jumlah berat yang diijinkan ). Dalam hal ini jumlah berat yang diijinkan di negara kita selain debedakan berdasarkan jenis truk juga dibedakan dalam dua kelas,  dalam hal ini kelas yang dimaksud adalah kelas jalan yang dipakai atau yang dilalui.
Adapun detail JBI setiap jenis truk sebagai berikut :

•    Truk engkel dengan 2 sumbu JBI kelas 2 dan 3 seberat 12 ton
•    Truk besar dengan dua sumbu JBI kelas 2 = 16 ton, kelas 3 = 14 ton
•    Truk tronton dengan 3 sumbu JBI kelas 2 = 22 ton, kelas 3 = 20 ton
•    Truk dengan 4 sumbu JBI kelas 2 = 30 ton, kelas 3 = 26 ton
•    Truk trailerr engkle 4 sumbu JBI kelas 2 = 34 ton, keas 3 = 28 ton
•    Truk trailer tronton dengan 5 sumbu JBI kelas 2 = 40 ton, kelas 3 = 32 ton
•    Truk trailer tronton 6 sumbu JBI kelas 2 = 43 ton, kelas 3 = 40 ton

Daftar JBI diatas dikutip dari wikipedia per 2016, Perhitungkan JBI berdasakan kelas jalan yang dipakai dalam hal ni dihitung berdasarkan berat kendaraan itu sendiri ditambah berat orang dan berat muatan yang dibawa. Sebenarnya setiap truk dari pabrikan telah ditentukan JBB atau Jumlah berat Brutonya dalam hal dalam hal ini terkait JBI seharusnya tidak melebihi JBB dari setiap jenis truk.

Baca juga artikel : Truk Besar : Daftar Mobil Truck Maupun Kendaraan Terbesar Di Dunia

Sekian, semoga informasi yang singkat ini dapat memberi manfaat untuk anda untuk mengetahui jenis-jenis truk dan kapasitas muatan maksimum yang diijinkan dari setiap jenisnya. Jika ada yang informasi atau data yang kurang lengkap saya mohon maaf atau mungkin jika anda berkenan untuk melengkapi atau memberi koreksi silahkan cantumkan di kolom komentar yang telah saya sediakan. Terima kasih.

Untuk pencarian : truk # jenis truk # ukuran bak truk # kapasitas muatan truk # ukuran truk engkel # kapasitas truk fuso # truk molen mixer # truk angkutan barang.

 

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Lengkap Harga Mobil Tata Terbaru Beserta alamat Dealernya

MOBIL TRUK : Spesifikasi Maupun Harga Bus dan Truk Hino Dutro Terbaru